Terms & Conditions

Hai klien kami yang berharga!

Terima kasih telah tertarik dengan perhiasan Rockologist dan tertarik untuk membuat proyek bersama kami. Berikut adalah syarat dan ketentuan di Rockologist. Kami memahami ini adalah postingan yang panjang, tetapi kami juga yakin artikel ini sangat penting untuk Anda pahami sebelum kami memulai proyek kami.

Dengan melakukan pembayaran untuk memulai proyek bersama kami, maka Anda dianggap telah menyetujui syarat dan ketentuan di bawah ini:

1. Rekam Video Selama Proses Pembongkaran

Kami mewajibkan semua klien untuk melakukan perekaman video selama proses pembukaan kemasan. Pencatatan ini diperlukan tidak hanya oleh kami tetapi juga oleh pihak ekspedisi jika terjadi kerusakan, kehilangan, atau hal-hal lain yang tidak terduga yang terjadi selama proses pengiriman sebagai bukti yang harus dilampirkan. Anda tidak perlu khawatir, kami akan selalu bertanggung jawab dan membantu Anda jika ada yang tidak beres dengan perhiasan yang Anda terima. Hal ini juga akan kami jelaskan lebih detail pada poin no.17 di bagian akhir dokumen ini, jadi mohon untuk terus membacanya sampai akhir.

2. Warna Perhiasan Pudar Bukan Kesalahan Produksi

Untuk mewarnai perhiasan, kami menggunakan proses elektroplating tradisional dengan melapisi perhiasan dengan lapisan rhodium. Di bawah lapisan rhodium ini terdapat warna asli dari bahan logam. Lapisan rhodium akan memudar setelah perhiasan mulai digunakan. Pudarnya rhodium terjadi karena gesekan dan/atau benturan antara perhiasan dengan benda lain, bahkan dalam penggunaan normal. Selain itu, oksidasi alami pada logam juga dapat menyebabkan lapisan rhodium memudar. Proses oksidasi ini menyebabkan munculnya patina (bercak kehitaman/kehijauan) yang akan mengubah warna asli perhiasan. Dalam kasus yang parah, pembersihan harus dilakukan oleh ahli perhiasan profesional (sebaiknya bersama kami), tetapi dalam kasus yang ringan Anda dapat membersihkannya sendiri di rumah. Lamanya waktu memudarnya warna lapisan rhodium dan munculnya proses oksidasi memiliki durasi yang berbeda-beda. Hal ini bergantung pada bagaimana setiap klien memperlakukan perhiasan tersebut, termasuk di mana disimpan dan digunakan. Pudarnya rhodium dan oksidasi menciptakan tampilan vintage, rustic, dan unik pada produk-produk Rockologist, yang disukai dan ditunggu oleh sebagian besar pelanggan kami. Jika klien kami ingin memperbaharui atau bahkan mengubah warna perhiasan, kami pasti akan membantu. Lihat Layanan Penyesuaian kami di poin berikutnya.

3. Tentang Layanan Penyesuaian

Rockologist memiliki satu layanan yaitu Adjustment Service. Adjustment Service adalah layanan dimana klien dapat mengubah atau mewarnai ulang lapisan rhodium (replating) dan mengubah ukuran cincin (resize), dengan ketentuan sebagai berikut:

Setiap produk yang dipesan di Rockologist berhak mendapatkan 1x (satu kali) gratis Adjustment Service, selanjutnya klien dapat kembali menggunakan layanan ini dengan biaya tambahan.
Pekerjaan Replating dan Resizing pada Layanan Penyesuaian ini harus dilakukan secara bersamaan. Meski begitu, klien dapat memilih untuk hanya melakukan salah satunya, tetapi pekerjaan yang tidak dilakukan tidak dapat dikembalikan atau dilakukan di lain waktu.
Perubahan lebar, ketebalan, dan bentuk perhiasan serta perubahan warna atau ukuran berlian tidak termasuk dalam Layanan Penyesuaian ini.
Segala biaya pengiriman (dari Client ke Rockologist dan dari Rockologist ke Client) akibat Jasa Adjustment menjadi tanggung jawab klien, baik 1x gratis maupun untuk Jasa Adjustment berbayar.
Pada saat melakukan Replating dan/atau Resizing, akan terjadi proses yang menyebabkan berat material logam menjadi berkurang, namun kami tidak dapat mengembalikannya dalam bentuk uang (refund) karena proses tersebut menyebabkan material logam yang tereduksi menjadi potongan super kecil yang tersebar di udara dan tidak mungkin dikumpulkan. Hanya Resize yang jauh lebih besar dari ukuran awal yang akan menambah berat material logam tersebut. Apabila berat bertambah, biaya selisih berat bahan logam akan menjadi tanggung jawab klien. Ketentuan ini hanya berlaku untuk material berbayar, seperti: Gold, Palladium atau Platinum.
Layanan Penyesuaian 1x gratis ini, khususnya fasilitas Resizing hanya disediakan untuk klien yang menggunakan salah satu dari empat metode pengukuran yang disarankan oleh Rockologist dan harus dikonfirmasi oleh Customer Assistant untuk akurasi dengan mengirimkan foto selama proses pengukuran.

4. Rockologist Tidak Menjamin Kerusakan atau Kehilangan Berlian

Dengan berat hati dan seperti biasa, Rockologist tidak menjamin kerusakan atau kehilangan berlian yang telah diterima klien dengan alasan apapun. Meski begitu tetap menjadi tujuan kami untuk memberikan berlian terbaik sesuai jenisnya dan setting berlian terkuat di industri perhiasan buatan tangan.

Salah satu alasan paling umum mengapa berlian jatuh adalah karena cincin mengalami benturan atau gesekan. Apakah itu benturan ringan atau berat atau gesekan yang terjadi dalam penggunaan normal atau ekstrem, hal itu akan bertambah seiring waktu dan menyebabkan dudukan berlian (bagian dari cincin yang menahan berlian di tempatnya) berubah bentuk dan kendor, membuat berlian rawan untuk jatuh.

Bahkan jika pemasangan berlian Anda dirancang agar relatif aman, lama kelamaan logam akan aus dan komponen pemasangan menjadi kurang tahan lama. Jika cincin Anda terbuat dari logam yang lebih lunak seperti emas atau perak, Anda harus menyadari bahwa bagian pemasangannya mudah bengkok dan rusak.

Anda dapat memeriksa untuk melihat apakah berlian Anda pada cincin itu aman dengan menekannya dengan lembut, dan jika ada gerakan sekecil apa pun, segera perbaiki oleh Rockologist. Kondisi pemasangan intan juga dapat dilihat secara kasat mata, dan jika terlihat mulai berubah bentuk, bengkok atau rusak, segera lakukan perbaikan meskipun tidak ada pergerakan pada intan saat ditekan. Pastikan untuk membersihkan cincin Anda sesering mungkin karena kotoran tidak hanya mencegah Anda melihat kerusakan, tetapi juga membuat pemasangan berlian Anda lebih cepat aus.

5. Syarat dan Ketentuan Layanan Buyback di Rockologist

Rockologist menyediakan layanan pembelian kembali, untuk perhiasan dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Setiap layanan buyback harus melalui proses appraisal oleh tim Rockologist. Harga jual tergantung hasil appraisal. Dalam kondisi normal, perhitungan harga jualnya adalah: (Harga Awal Beli Bahan Logam Dibayar + Harga Awal Beli Berlian) x 0,75. Hasil dari proses appraisal sepenuhnya menjadi kewenangan Rockologist dan tidak dapat diganggu gugat. Biaya pengiriman perhiasan ke kantor Rockologist untuk proses appraisal sepenuhnya menjadi tanggung jawab klien.
  2. Perhiasan yang dapat dijual kembali adalah perhiasan yang terdiri dari bahan logam berbayar tanpa berlian, bahan logam berbayar dengan berlian, atau bahan logam bebas dengan berlian.
  3. Perhiasan dengan bahan logam bebas dan tanpa berlian tidak dapat dijual kembali, oleh karena itu tidak boleh disertakan.
  4. Kondisi dan jumlah perhiasan dan berlian harus sesuai dengan yang tertera di invoice dan sertifikat. Dan juga kualitas berlian pada perhiasan tersebut harus dalam keadaan baik dan bebas dari cacat.
  5. Harus menyertakan perincian berikut; sertifikat perhiasan, kartu berlian untuk perhiasan yang menggunakan berlian, kotak kemasan dan semua aksesori yang disertakan.

6. Status Kepemilikan Foto Perhiasan dari Proyek

Rockologist mendokumentasikan setiap produk yang dibuat oleh Rockologist. Dokumentasi ini merupakan bagian dari prosedur operasi standar Rockologist yang dikirimkan kepada klien, sebagai bentuk pertanggungjawaban Rockologist kepada kliennya. Selain itu, dokumentasi produk juga merupakan bagian dari kelengkapan data Rockologist dan digunakan untuk promosi Rockologist. Dokumentasi yang dimaksud di atas adalah milik Rockologist. Rockologist dapat menggunakan atau memodifikasi foto dan atau video untuk kepentingan apapun dari Rockologist, termasuk untuk tujuan promosi, tanpa memerlukan izin dari klien selama tidak mencantumkan nama klien atau akun media sosial klien.

7. Karya Perhiasan Rockologist Tidak Bisa 100% Sama dengan Referensi

Rockologist sangat menghargai proses handmade yang dilakukan oleh pengrajin tradisional dalam menghasilkan karya terbaik. Proses handmade memiliki keterbatasan yaitu tidak dapat menghasilkan karya yang sama persis dengan referensi, baik referensi tersebut berupa gambar maupun karya seni nyata, meskipun referensi tersebut adalah gambar atau karya Rockologist. Kami berusaha semaksimal mungkin untuk membuat karya semirip mungkin dengan referensi. Namun kami bisa memastikan setiap perhiasan yang diproduksi oleh Rockologist tidak bisa sama persis dengan referensinya, karena setiap bagian dibuat secara individual dengan tangan tanpa cetakan sama sekali, dan kami yakin itulah yang membuatnya istimewa.

8.  Berat pada invoice awal adalah perkiraan

Rockologist akan memberikan perkiraan berat material jika pesanan klien menggunakan material logam berbayar. Berat material logam yang dibayar diperkirakan pada invoice awal dapat berubah setelah proses produksi selesai. Berat akhir perhiasan ini akan digunakan dalam tagihan kedua yang diserahkan kepada klien. Rockologist melakukan segala upaya untuk memberikan perkiraan yang akurat dari berat perhiasan. Namun perkiraan berat bahan logam yang dibayar hanya sebagai gambaran harga awal dan tidak menentukan harga akhir perhiasan tersebut. Harga akhir akan menyesuaikan dengan berat akhir perhiasan dan tidak dapat diganggu gugat.

9. Perbedaan Keterangan Warna Berlian

Warna berlian yang kami tampilkan di website atau media sosial Rockologist, merupakan gambaran warna dengan kasat mata yang diambil menggunakan peralatan dokumentasi yang sedekat mungkin dengan warna asli berlian. Namun, sangat mungkin untuk mendistorsi tampilan warna berlian, tergantung pada perangkat layar yang digunakan saat klien melihat warna berlian di situs atau media sosial Rockologist. Ada beberapa perangkat layar yang cenderung menampilkan warna berlian menjadi lebih gelap atau lebih terang dari warna asli berlian. Selain itu, ahli permata, sebagai pihak yang kami percaya untuk menjamin keaslian berlian kami, memiliki standar tersendiri untuk kategori dan parameter deskripsi warna berlian, yang terkadang berbeda dengan deskripsi yang kami gunakan. Dan keterangan warna dari gemologist itulah yang akhirnya kami pakai di diamond card & certificate of authenticity. Karena adanya perbedaan tersebut, kemungkinan terdapat perbedaan informasi warna antara yang ditampilkan di website atau media sosial Rockologist dengan informasi warna yang tertera pada kartu diamond & sertifikat keasliannya.

10. Warna Lapisan Perhiasan Tidak Bisa 100% Sama Dengan Referensi

Seperti warna berlian, perangkat layar yang digunakan klien untuk melihat situs kami juga dapat memengaruhi perbedaan persepsi warna lapisan perhiasan. Selain itu, warna pelapis perhiasan ditentukan oleh beberapa parameter, seperti warna bahan asli atau campuran senyawa yang digunakan sebagai pelapis perhiasan. Sehingga kemungkinan terdapat perbedaan warna lapisan perhiasan yang sudah jadi dengan yang ditampilkan di website atau media sosial kami. Rockologist berusaha semaksimal mungkin untuk membuat warna perhiasan yang dihasilkan mendekati contoh yang ditampilkan di website Rockologist atau media sosial, namun proses pelapisan warna menggunakan teknik tradisional dan terkadang dapat menghasilkan warna yang berbeda dari referensi.

11. Opsi Pengemasan

  1. Rockologist sangat menghargai keinginan setiap klien. Oleh karena itu, kami menawarkan dua jenis kemasan yaitu kemasan natural dan kemasan prisma. Jika tidak ada permintaan khusus, kami akan memberikan kemasan dengan ketentuan sebagai berikut:
    Natural packaging, untuk klien yang membeli perhiasan menggunakan bahan bebas dan tanpa menggunakan berlian.
  2. Kemasan prisma, untuk klien yang membeli perhiasan menggunakan bahan berbayar atau menggunakan berlian.
    Klien yang membeli perhiasan menggunakan material gratis dan tanpa menggunakan berlian dapat meminta kemasan prisma, dengan biaya tambahan. Sedangkan klien yang membeli perhiasan menggunakan material berbayar atau menggunakan berlian dapat meminta kemasan natural tanpa biaya tambahan.

12. Ukuran Cincin Memiliki Toleransi Penyimpangan

Rockologist sangat menghargai proses handmade yang dilakukan oleh pengrajin tradisional dalam menghasilkan karya terbaik. Proses handmade memiliki keterbatasan yaitu tidak dapat membuat karya yang persis sama dengan acuan, termasuk toleransi terhadap ukuran perhiasan khususnya pada cincin. Selisih 0,3 mm antara ukuran yang tertera di formulir pemesanan dengan ukuran perhiasan jadi, masih dalam batas toleransi penyimpangan ukuran cincin.

13. Ketentuan Kecepatan Layanan

  1. Kecepatan pelayanan yang ditawarkan Rockologist adalah estimasi waktu pengerjaan perhiasan. Kami berusaha sebaik mungkin untuk memenuhi perkiraan waktu ini atau bahkan lebih cepat, meskipun dalam kondisi tertentu, keterlambatan penyelesaian pekerjaan perhiasan tidak dapat dihindari.
  2. Rockologist menjamin pesanan akan selesai tepat waktu dengan ketentuan sebagai berikut:
    Untuk proyek Rockologist, data perhiasan yang tercantum dalam working order harus sudah selesai paling lambat H+ (25% durasi pekerjaan menurut kecepatan service), dimana hari H adalah hari dimulainya pekerjaan. Contoh: Untuk working order dengan kecepatan layanan reguler, data working order harus diselesaikan selambat-lambatnya 10 hari (25% dari 40 hari) sejak dimulainya proyek.
  3. Untuk proyek PDQ, data perhiasan yang tercantum dalam working order harus sudah selesai sejak hari dimulainya pekerjaan.
    Perubahan dan/atau penambahan data dalam urutan kerja, mengikuti ketentuan yang sama seperti di atas. Jika klien tidak dapat memenuhi persyaratan di atas, Rockologist berhak untuk tidak menjamin pesanan selesai tepat waktu.

14. Revisi Karena Kesalahan Klien Atau Klien Berubah Pikiran

Rockologist menjamin perbaikan dan/atau revisi gratis atas produk perhiasan Rockologist yang tidak sesuai pesanan klien, yang timbul karena kesalahan Rockologist. Perbaikan dan/atau revisi yang timbul karena kesalahan dan/atau keinginan klien, termasuk mengubah atau menghilangkan ukiran, memperbaiki perhiasan yang rusak, dan mengubah bentuk akan dikenakan biaya tambahan.

15. Status Perhiasan Selesai

Setelah perhiasan selesai, Rockologist akan menindaklanjuti klien dan meminta klien untuk membayar sisa biaya perhiasan sebelum perhiasan dikirim ke klien (kecuali klien telah melakukan pembayaran penuh sejak pembayaran pertama). Jika tindak lanjut telah dilakukan, dan klien tidak membayar biaya perhiasan dalam 30 hari, perhiasan tersebut dianggap bukan perhiasan pesanan dan sepenuhnya menjadi milik Rockologist. Setiap pembayaran yang telah dibayarkan oleh klien tidak dapat dikembalikan kepada klien. Jika klien menginginkan Rockologist untuk menyimpan perhiasan tersebut, klien wajib memberitahukan Rockologist paling lambat 30 hari setelah tindak lanjut dilakukan. Rockologist mungkin membebankan biaya tambahan untuk penyimpanan perhiasan, di luar biaya penyelesaian.

16. Pembatalan Pesanan Perhiasan

Jika karena alasan tertentu klien ingin membatalkan pesanan perhiasan yang sedang diproduksi, maka klien harus mematuhi ketentuan sebagai berikut;

  1. Pekerjaan harus masih dalam tahap awal produksi.
  2. Klien wajib membayar biaya pembatalan sebesar 30% dari total biaya perhiasan pada invoice pertama.

17. Khawatir Pengiriman Gratis

Biaya pengiriman dan resiko kehilangan dan atau kerusakan produk selama proses pengiriman menjadi tanggung jawab Rockologist, dengan ketentuan sebagai berikut;

  1. Seperti yang tertera pada poin no.1, rekaman video proses unpacking menjadi syarat wajib untuk mendapatkan layanan ini.
  2. Tanggung jawab rockologist atas resiko kehilangan dan atau kerusakan akan berupa perbaikan perhiasan dan atau penggantian perhiasan baru, dengan tenggat waktu sesuai dengan kecepatan pelayanan yang dipilih oleh klien.
  3. Risiko kehilangan dan atau kerusakan sebagaimana dimaksud di atas adalah apabila paket perhiasan hilang atau rusak dalam proses pengiriman dan telah diakui secara tertulis oleh pihak ekspedisi bahwa kehilangan atau kerusakan paket merupakan kesalahan pihak ekspedisi.
  4. Risiko kehilangan dan atau kerusakan hanya berlaku untuk wilayah pelayaran di Indonesia.
  5. Gratis ongkos kirim berlaku untuk area Jawa & Bali. Daerah lain dan/atau luar negeri mendapatkan subsidi ongkos kirim sebesar 50 ribu rupiah.
  6. Gratis ongkos kirim tidak berlaku untuk pembelian melalui Tokopedia atau marketplace lainnya.
  7. Gratis ongkos kirim hanya berlaku satu kali yaitu saat proyek perhiasan sudah selesai dan hendak dikirim ke alamat tujuan.
  8. Bahkan jika perhiasan tersebut diambil oleh klien ke kantor Rockologist, biaya pengiriman gratis tidak dapat dikembalikan.

18. Biaya Platform Tambahan di PayPal, Tokopedia & Shopee

Untuk mempermudah pelanggan, Rockologist menerima pembayaran melalui PayPal, Tokopedia, dan Shopee.

Namun, membayar melalui ketiga platform ini akan menghasilkan tambahan biaya platform sebesar 4,5% dari nilai cantuman yang Anda ingin kami buat.

Misalnya, jika tagihan perhiasan Anda adalah Rp 3.000.000 dan Anda ingin membayarnya melalui platform tersebut, daftar kami akan menjadi Rp 3.135.000.

Terima kasih banyak telah meluangkan waktu untuk membaca syarat dan ketentuan ini. Jika ada hal lain yang ingin Anda ketahui, Asisten Pelanggan kami akan selalu membantu dengan senang hati. Kami sangat bersemangat dan tidak sabar untuk memulai proyek bersama Anda!